Tugas Softskill Bahasa Indonesia 2 (2) : Tugas Kelompok

1. Mengapa fungsi komunikasi bahasa disebut fungsi dasar? Mengapa pula disebut fungsi utama?

Secara umum telah kita ketahui bahwa bahasa merupakan sarana untuk berkomunikasi antar individu. Dikatakan sebagai fungsi dasar karena hal tersebut sangat fundamental dimana bahasa sebagai alat komunikasi merupakan saluran perumusan maksud kita, melahirkan perasaan kita dan memungkinkan kita menciptakan kerja sama dengan orang lain. Dalam berkomunikasi seseorang tentunya memiliki tujuan dimana dia ingin menyampaikan gagasan pemikirannya kepada lawan bicara. Tidak hanya itu, dalam komunikasi tentunya komunikator berharap mendapatkan timbal balik dari komunikan berupa tanggapan dari hasil pemikirannya.

Sebagai sarana komunikasi, bahasa mempunyai fungsi utama. Hal ini dapat dijelaskan bahwa komunikasi bahasa ialah penyampaian pesan atau makna oleh seseorang kepada orang lain. Secara langsung bahasa memiliki keterikatan dan keterkaitan dengan manusia yang menyebabkan bahasa menjadi tidak tetap dan selalu berubah seiring perubahan kegaiatan manusia dalam kehidupannya di masyarakat. Perubahan bahasa tidak hanya berupa pengembangan dan perluasan, melainkan berupa kemunduran sejalan dengan perubahan yang dialami masyarakat. Terutama pada penggunaan bahasa sebagai fungsi komunikasi, yaitu pada penggunaan bahasa asing Contoh bahasa sebagai alat komunikasi berupa: Alat-alat itu digunakan untuk berkomunikasi misalnya gerak badani, alat bunyi-bunyian, lukisan, gambar, dsb). Sebagai contoh masyarakat Indonesia lebih sering mengenal ungkapan “No Smoking” daripada “Dilarang Merokok”, “Stop” untuk “berhenti”, “Exit” untuk “keluar”,”Time untuk “waktu”. Jadi bahasa sebagai alat komunikasi tidak hanya dengan satu bahasa melainkan banyak bahasa.

 

2. Apa fungsi alami bahasa dan fungsi buatan?

Secara alami fungsi bahasa sudah bisa dilihat dari seorang balita ketika berkomunikasi mengucapkan kata-kata yang lafalnya tidak beraturan. Fungsi alami tersebut terjadi ketika otak manusia mengirimkan perintah berupa bahasa dalam bentuk lisan maupun tulisan sebagai terjemahan dari apa yang dipikirkan manusia, sehingga dengan begitu secara alami manusia dapat berkomunikasi. Sebagai alat komunikasi bahasa cenderung memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut ada karena antar kelompok tentunya memiliki bahasa ibu (mother tounge) yang berbeda sejak ia dilahirkan.

Sedangkan fungsi buatan bahasa ditujukan untuk membedakan bahasa biasa dengan bahasa buatan. Bahasa buatan berisi fungsi atau simbol-simbol khusus yang digunakan untuk menjelaskan suatu objek. Fungsi ini biasa dipakai dalam aritmatika ataupun sistem yang cenderung menggunakan rumus. Dengan demikian fungsi buatan bahasa dapat digunakan dalam komunikasi ilmiah yang bisa menjelaskan secara lebih spesifik melalui simbol-simbol yang mewakili objek.

 

3. Apakah yang dimaksud dengan metakomunikasi dan berikan contohnya?

Metakomunikasi yaitu berkomunikasi tentang komunikasi. Konsep ini erat kaitannya dengan tingkat hubungan interaksi manusia. Contoh metakomunikasi yang bisa dilihat salah satunya yaitu pada komentar seorang dosen pada mahasiswanya yang sedang berpidato serta isi pidato yang dibicarakannya, “saya pikir contoh yang kamu berikan amat bagus”, sebaiknya anda mengungkapkan gagasan utama anda secara lebih eksplisit”, dan cobalah agak lebih bersemangat”. Selain itu metakomunikasi :

Merupakan uraian yang menggambarkan hubungan antara komunikator dan komunikan saat melakukan komunikasi. Metakomunikasi dapat berupa pesan verbal dan non verbal. Contohnya dengan tetap tersenyum walaupun sedang marah.

Metakomunikasi adalah suatu komentar terhadap isi pembicaraan dan sifat hubungan antara yang berbicara, yaitu pesan di dalam pesan yang menyampaikan sikap dan perasaan pengirim terhadap pendengar.

 

Konsep metakomunikasi dapat diilustrasikan sebagai berikut, anda dapat berkomunikasi tentang semua hal yang ada di dunia tentang meja dan kursi dimana anda sedang duduk didepan komputer yang sedang anda gunakan, atau tentang bagian yang sedang anda baca sekarang, dan bahasa yang anda gunakan sekarang adalah bahasa pemrograman. Kita sebut saja semua ini sebagai objek komunikasi, karena anda berbicara mengenai berbagai objek. Tapi perlu diperhatikan juga bahwa anda tidak terbatas untuk berbicara tentang objek, anda juga bisa berbicara tentang berbicara anda, anda bisa berkomunikasi tentang komunikasi anda, sehingga semua aktivitas ini dapat disebut sebagai metakomunikasi. Dengan cara yang sama, anda pun bisa berkomunikasi menggunakan bahasa lainnya (meta-bahasa) untuk berbicara tentang bahasa dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Perbedaan antara objek komunikasi dan meta-komunikasi bukan hanya secara keilmuan, hal itu sangatlah terlalu sederhana, oleh karena perlu diketahui bahwa perbedaan diantara kedua bentuk komunikasi tersebut sangat penting dipahami guna menghindari berbagai kerancuan dan konflik dari berbagai interaksi komunikasi interpersonal.

Sebenarnya, Kita menggunakan perbedaan ini setiap hari, namun tidak menyadarinya. Misalnya, ketika Kita mengirim komentar di sebuah forum jejaring sosial kepada seseorang dengan komentar bernada sinis namun kemudian meletakkan smiley di akhir komentar. Dengan mengkomunikasikan smiley, bagi komunikan dapat dimaknai sebagai “pesan yang tidak dipahami secara harfiah, melainkan dapat dipahami bahwa dalam pesan tersebut komunikator sedang mencoba menyampaikan humor.” Dengan demikian kedudukan smiley adalah sebagai metapesan, merupakan pesan tentang pesan.

Sumber:

http://alainoengvoenna.wordpress.com/

http://harefa12.wordpress.com/2013/07/18/bahasa-sebagaai-alat-komunikasi/

 

Nama kelompok:

  1. Dedeh Pegi Pauziah      21211801
  2. Usamah                         27211231
  3. Wahyu Dyatmoko          28211746

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s